top of page

Pikiran yang bermanfaat

Pernahkah anda melihat foto-foto anda saat masa muda dan mengatakan dalam hati “ wah saya benar-benar terlihat muda disini “ atau “ wah saya terlihat sangat tampan/ cantik disini” . Sekarang bayangkan anda sedang berada 20 tahun dari sekarang dan melihat foto anda hari ini, bukankah kira-kira hal yang sama akan keluar dari mulut anda?

Apa maksud dari cerita ini? Chris Helder seorang pembicara dan penulis yang ahli dalam komunikasi mengatakan bahwa kita sering terjebak dengan istilah positive thinking, sementara menurut beliau untuk bisa terus berpikir positif adalah hal yang sulit karena berpikir positif itu terkait dengan emosi dan sebagai manusia emosi kita cenderung naik turun.

Jadi mulai sekarang gunakanlah apa yang disebut oleh Chris Helder sebagai pikiran yang bermanfaat ( Useful Belief ) yaitu pikiran-pikiran yang anda tau akan memberi manfaat kepada diri anda. Seperti cerita diawal tadi saat kita melihat foto masa muda kita, dibandingkan sekarang kita meratapi foto masa muda, katakanlah pada diri anda bahwa “ Hidup dimulai di usia ( usia anda sekarang )” kenapa begitu? Karena 20 tahun dari sekarang anda akan katakan bahwa anda berharap anda ada di posisi anda hari ini.

Pada hari ini saya ingin mengajak kita semua untuk membuat daftar hal-hal apa yang menjadi Pikiran bermanfaat (Useful belief) anda. Di kondisi yang tidak pasti seperti saat ini , kadang emosi kita terasa naik turun, sehari kita merasa sangat yakin dan besoknya setelah melihat berita di TV langsung berubah 180 derajat.

Pikiran bermanfaat ( Useful belief ) seperti apa yang bisa kita pakai? Misalnya, Bahwa saat ini adalah saat dimana anda bisa memulai hobi yang selama ini tertunda karena sibuk, saat ini adalah saat terbaik karena anda bisa ada bersama dengan anak-anak, saat ini anda menjadi bagian dari sebuah sejarah yang merubah bagaimana manusia berinteraksi dan bahwa untuk pertama kalinya anda melihat keluar melihat langit berwarna biru cerah karena berkurangnya polusi.

Begitu banyak Pikiran bermanfaat ( Useful belief ) yang dapat pikirkan. Tulislah hal ini di sebuah kertas dan tempelkan pada meja kerja atapun tempat lain yang mudah anda lihat sebagai pengingat bahwa hari ini adalah hari terbaik untuk anda hidup. Selamat Mencoba!

Ditulis oleh: Ardita Muksin 7x MDRT Member

0 views0 comments
bottom of page