WIN From Home (WFH)

Pada saat kita mendengar kata covid-19, apa yang di dalam benak teman-teman ?
Maju atau menyerah terhadap covid-19 ?

Bisnis yang tadinya berjalan dengan mengharuskan bertemu prospek setiap hari, di luar dugaan di tengah wabah pandemi covid-19 kita dipaksa untuk WFH (Work From Home), yang mana saya suka ambil positifnya menjadi WIN From Home (WFH).

Mengapa kita harus menyalahkan keadaan force major sekarang ini?. Ada 3 penyakit yang suka menggerogoti agen asuransi yang kita singkat menjadi 3M, yang pertama adalah Malas, kedua adalah Mangkir, dan yang ketiga adalah Malu-malu sebagai agen asuransi. Untuk itu susah closing, karena agen seperti ini selalu mencari excuse/alasan mengapa belum closing. Ilmu ini saya peroleh dari seorang senior dari Industri ini, Bapak Wira Arjuna.

Di era keterbukaan sekarang ini yang tadinya OFFLINE ketemu prospek secara tatap muka langsung kita bisa merasa canggung, gugup, kurang percaya diri, keringat dingin, akan tetapi sekarang ini kita diuntungkan dengan bekerja secara ONLINE. Artinya kita tidak perlu tatap muka dengan prospek tetapi hanya via virtual aplikasi (ZOOM, WHATSAPP, VIBER, dll) jadi prospek tidak akan melihat kita gugup, keringatan, atau kurang pede.

Keadaan ini memaksa kita menjadi lebih kreatif, memaksa kita mencoba cara baru yang tadinya belum kita pikirkan, sekaranglah saatnya kita menjalankan bisnis secara ONLINE, via telepon, via videocall, dan closing pun terjadi dengan sendirinya. Wow bukan ??? Pada saat saya menulis artikel ini, saya sudah closing 3 polis dengan cara ONLINE. Artinya tidak ada yang tidak mungkin, Target dan goal setting boleh tetap sama, tetapi cara eksekusinya yang berbeda.

Saya pribadi selalu percaya, di setiap badai atau bencana kehidupan selalu ada hikmah dan pelajaran bahkan kesempatan baru yang bisa kita ambil dan jalankan menjadi peluang usaha yang lebih baik lagi. What doesn’t kill you, will make you stronger. Dulu secara OFFLINE, sehari ketemu 2 orang per hari di Jakarta adalah hal yang luar biasa, mengingat traffic Jakarta, biaya transportasi, management waktu, dll. Akan tetapi melalui ONLINE, sehari kita hanya di depan Laptop atau PC, kita bisa ketemu 5-10 orang per hari, bahkan melalui webinar kita bisa ONLINE dengan 100-1000 orang secara real time. Kemajuan teknologi informasi sangat memungkinkan kita untuk lebih kreatif bertemu lebih banyak orang secara bersamaan.

Akhir kata, Work From Home (WFH) yang digaungkan pemerintah Indonesia kita jalankan dengan baik, dan tentu saja hasilnya menjadi WIN From Home (WFH). Semoga Bermanfaat. #Be MDRT

Ditulis oleh:
Kennedy Sumarlie
3-year MDRT Member