Wawancara MDRT Indonesia: Christian Sontani, Allianz Indonesia

140709-1-224x300

1. Dari mana tahu MDRT pertama kali dan darimana?

Yang mengenalkan saya tentang MDRT adalah Ibu saya sendiri, Ibu Liem Lie Sia, yang juga merupakan mentor sekaligus leader saya di industri asuransi. Pada tahun 1998, ketika saya masih berusia hampir 6 tahun, saya diajak untuk menemani Ibu saya pergi ke MDRT Annual Meeting di Chicago untuk pertama kalinya. Pada waktu itu, beliau adalah satu-satunya wakil dari Indonesia. Di tahun-tahun berikutnya, saya kembali berkesempatan untuk menemani Ibu saya pergi ke MDRT Annual Meeting pada tahun 2006 di San Diego dan pada tahun 2008 di Toronto. Karena kesempatan itulah saya mulai sedikit tahu mengenai makna dari MDRT bagi para distributor di industri asuransi. Pengalaman-pengalaman inilah yang membuat saya sangat menggebu-gebu untuk menjadi MDRT member ketika memutuskan untuk bergabung bersama Ibu saya di industri asuransi pada awal tahun 2013.

2. Apa arti MDRT bagi Anda?

Bagi saya, MDRT adalah sebuah sarana dan support system bagi seluruh praktisi asuransi di seluruh dunia. Menjadi MDRT member merupakan suatu kebanggaan dimana hanya sedikit dari banyaknya praktisi asuransi dunia yang berhasil mencapai jumlah produksi tertentu untuk menjadi MDRT member. Menjadi MDRT member merupakan suatu kesempatan baik untuk saya dapat belajar dari praktisi-praktisi asuransi internasional yang sudah terbukti berhasil dalam industri ini. Menjadi MDRT member memberikan nama baik sebagai praktisi asuransi karena saya diajarkan untuk menjadi seorang financial professional yang menjunjung tinggi moral dan nilai-nilai yang positif baik untuk diri sendiri maupun nasabah.

3. Mengapa ingin menjadi anggota MDRT?140709-2-240x300

Alasan saya kenapa ingin menjadi MDRT member sebenarnya sangat sederhana. Banyak sekali manfaat-manfaat baik yang akan saya dapatkan apabila menjadi member MDRT. Manfaat-manfaat yang saya maksud tersebut akan saya bahas di pertanyaan selanjutnya. Selain itu, menjadi member MDRT memisahkan saya dari jutaan praktisi asuransi yang tersebar di seluruh dunia untuk berkarya serta diberikan kesempatan untuk belajar dari para ahli di industri ini dimana hanya sedikit yang mendapatkan kesempatan ini.

4. Setelah mencapai sekali, mengapa Anda tetap mengejar gelar MDRT setiap tahun?

Selain memberikan nilai-nilai positif dalam hal pengembangan diri dan pengembangan usaha. Menjadi MDRT member setiap tahunnya adalah satu bukti di kancah dunia bahwa saya sebagai praktisi asuransi terus berkarya dan eksis. Selain itu, menjadi MDRT member setiap tahunnya menjadikan saya satu rumah contoh yang mahal yang diinginkan oleh semua orang. Maksud saya adalah menjadi seorang praktisi asuransi yang dimana apabila orang ingin bergabung di industri asuransi juga, saya yang dipilih untuk dijadikan mitra usaha. Menjadi MDRT member setiap tahunnya, saya mendapatkan kesempatan untuk terus update akan industri asuransi secara global, memberikan saya gambaran yang jelas menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di industri sehingga saya bisa menyusun strategi-strategi untuk menghadi perubahan tersebut. Saya ingin menjadi seperti Ibu saya, dimana beliau telah menjadi MDRT member sebanyak 16 kali dimana 6 kalinya mencapai anggota Court of the Table dan still going strong sampai sekarang.

5. Apa manfaat yang Anda dapatkan sebagai anggota MDRT?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dengan menjadi MDRT member. Yang pertama, dengan menjadi MDRT member, saya dapat berkomunikasi dengan praktisi-praktisi asuransi terbaik dan berpengalaman di seluruh dunia. Berkomunikasi dengan yang terbaik di industri ini dapat berujung pada mentoring privat dimana saya bisa mendapatkan akses kepada ilmu-ilmu terbaru dan terbaik di industri asuransi. Kedua, menjadi MDRT member memberikan saya manfaat underwriting limit yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak member di perusahaan. Ketiga, menjadi MDRT member memberikan prestige dan nama baik di industri asuransi sehingga para mitra usaha dan nasabah memiliki kepercayaan lebih. Keempat, menjadi MDRT memberikan akses secara langsung terhadap ilmu-ilmu yang dihadirkan di banyak acara MDRT seperti annual meeting, experience, dll. melalui MDRT website seperti sales idea, pengembangan usaha, dsb. untuk saya bisa belajar dan mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut sesuai dengan market di Indonesia. Kelima, menjadi MDRT member merupakan suatu pencapaian yang tidak semua praktisi asuransi bisa mencapainya.

6. Setelah menjadi anggota MDRT, perbedaan apa yang Anda rasakan ketika sudah menjadi anggota MDRT dengan sebelumnya?

Setelah menjadi member MDRT, saya bisa memperlebar jaringan saya, berkenalan dan berkomunikasi dengan para praktisi asuransi yang terbukti berhasil di industri ini. Saya juga berkesempatan untuk memberikan dampak positif kepada banyak orang melalui kehidupan saya yang menjunjung tinggi nilai-nilai the whole person concept, bisa membagikan ilmu-ilmu yang didapat dari MDRT kepada mereka yang belum menjadi member MDRT. Pengalaman-pengalaman seperti inilah yang saya tidak bisa dapatkan apabila tidak menjadi member MDRT.

140709-3-300x231

7. Aktivitas apa saja yand sudah Anda terlibat di MDRT. Seperti MDRT Club Class, MDRT Day, dan acara MDRT lainnya?

Saya telah hadir di acara MDRT Experience di Kuala Lumpur and MDRT Annual Meeting di Toronto. Saya juga memutuskan untuk bergabung di tim MDRT Indonesia dan menjadi bagian dari IMC dimana saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari proyek MDRT Young Generation Indonesia. Saya juga akan menghadiri acara MDRT Day Indonesia bulan Agustus nanti.

8. Pengalaman apa saja yang Anda dapatkan dari semua aktivitas MDRT?

Sejauh ini pengalaman yang didapat sungguh luar biasa. Ketika menghadiri acara MDRT Experience bulan Februari lalu, banyak ilmu yang saya terapkan dari sisi pengembangan diri. Selain itu, ada satu sales idea yang dibawakan oleh Sanjay Tolani yang sangat practical dimana saya dapat menerapkan dan memodifikasi sales idea tersebut untuk market Indonesia. Menghadiri acara MDRT Annual Meeting merupakan pengalaman yang sangat memotivasi, dimana saya banyak sekali belajar dari pengalaman praktisi-praktisi top dunia di lapangan, belajar tentang membuat sales presentation yang simpel dan menarik untuk calon nasabah, belajar tentang membangun hubungan dengan nasabah, mengembangkan usaha melalui referrals, serta mendapatkan motivasi dari pengalaman praktisi-praktisi lain di industri yang berbeda. Kedepannya, saya akan berusaha untuk membuat proyek MDRT Young Generation menjadi proyek yang sukses dan berhasil menjaring atensi dari banyak praktisi-praktisi muda lainnya di Indonesia.

9. Apa kiat sukses Anda dan tips untuk anggota MDRT dan agen lainnya?

Think positive. Have a positive attitude towards everything you do. Stay humble. Stay spiritual. Enjoy the process. Unleash your best potential. Follow your mentor’s advices.

 

“Menjadi MDRT member memberikan nama baik sebagai praktisi asuransi karena saya diajarkan untuk menjadi seorang financial professional yang menjunjung tinggi moral dan nilai-nilai yang positif baik untuk diri sendiri maupun nasabah.”

Christian Sontani, BBA.
MDRT, Allianz Indonesia

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Balasan