KISAH TIGA KODOK

kisahtigakodok-01

Ada tiga ekor kodok yang nongkrong di batang pohon di tepi sungai. Satu kodok memutuskan untuk meloncat. Tebak sekarang berapa sisa kodok yang masih nongkrong di batang pohon? Jawabannya adalah tiga. Karena satu kodok yang memutuskan untuk meloncat itu, belum meloncat. Baru sampai tahap memutuskan dalam hati saja.

Demikian pula banyak di antara para agen asuransi yang masih lamban bergerak dalam awal tahun. Awal tahun diisi dengan acara kick off dari perusahaan, acara seremoni perayaan atas hasil yang dicapai, meeting konsolidasi, bikin perencanaan ini itu, dsb. Tiba-tiba bulan Januari pun lewat tanpa hasil kerja yang signifikan. Melihat angka produksi ternyata masih masih nol alias masih nongkrong di garis start. Belum pecah telur sama sekali. Berulang kali kita berkata pada diri sendiri : OK, saya akan mulai aktivitas minggu depan tetapi kenyataannya hanya sekedar rencana saja.

You have to start action. Tidak cukup sekedar bikin goal setting. Tidak cukup hanya sekedar menuliskan daftar nama.  Tidak cukup hanya membuat strategi pendekatan dan presentasi. Tidak cukup hanya sekedar ikut training komplit untuk mempertajam skill. Yang diperlukan bukan hanya sekedar memutuskan untuk bergerak tetapi aktivitas nyata untuk segera bergerak melakukannya.

Pekerjaan agen asuransi sesungguhnya adalah mudah yakni bertemu orang setiap hari. Yang sulit adalah membuat diri kita melakukannya, ucap Tony Gordon, agen asuransi sukses dari Inggris. Ya,setiap hari harus bertemu orang. Lalu bagaimana jika hari ini ternyata agenda kerja kosong karena tidak ada yang orang bersedia ditemui? Maka hubungilah 20 orang dan di antaranya pasti akan ada yang mau memberikan janji temu untuk hari selanjutnya. Pastikan agenda kerja anda diisi dengan aktivitas bertemu orang.

Agen bekerja berkejaran dengan waktu. Jangan sampai sakit penyakit, kematian atau musibah kehidupan menghampiri calon nasabah lebih dahulu ketimbang agen menghampiri nasabah untuk memberikan proteksi finansial.

Masih nongkrong di batang pohon? Loncat dong. Jump more. Jump higher.

 

Ditulis oleh
Miliana, CFP
Qualifying and Life Member of MDRT
10-year MDRT and 2 times COT