Karir Agen Asuransi

Studio_20161105_065655 ok

Setelah terjun didunia asuransi sekian lama saya banyak mengalami perubahan mindset terutama tentang pemahaman saya terhadap produk asuransi. Demikian pula pemahaman masyarakat terhadap asuransi pun mengalami perubahan. Jika saat ini orang masih belum memiliki produk asuransi, rasanya hidup menjadi tidak lengkap tanpa asuransi.

Asuransi sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Adalah tugas agen sebagai penasehat keuangan (financial planner) untuk terus menerus memberikan edukasi kepada setiap orang tentang pentingnya memiliki asuransi. Setiap orang memiliki kebutuhan berbeda namun yang paling utama adalah kebutuhan akan proteksi diri terhadap resiko meninggal.
Untuk bisa meraih sukses, seorang agen juga harus menghadapi berbagai tantangan.

Pasar asuransi yang lebih kompetitif dan calon nasabah pun juga sudah lebih cerdas dan kritis terhadap produk-produk keuangan sehingga calon nasabah juga menuntut lebih banyak. Sebagai agen, anda harus bisa membuat perbedaan agar bisa mendapatkan kepercayaan dari calon nasabah.

Kepercayaan adalah hal yang paling utama. Calon nasabah menuntut kredibilitas anda apakah anda adalah agen yang dapat diandalkan. Agen juga harus memiliki hubugan yang baik dengan calon nasabah. Agen yang berorientasi kepada kepentingan nasabah akan membuat anda semakin dipercaya oleh calon nasabah anda.

Agen jangan hanya terjebak pada perencanaan semata karena perencanaan harus dituntaskan hingga ke tahap implementasi. Banyak proposal yang diajukan kepada calon nasabah namun itu semua tidak ada artinya jika tidak pernah ada implementasi untuk calon nasabah mengambil action. Adalah tugas seorang agen untuk membantu calon nasabah hingga tahap implementasi proposal untuk menjadi sebuah kontrak polis.

Saat saya menghadiri Annual Meeting MDRT Juni 2016 lalu di Vancouver, Brain D. Heckert President MDRT 2015 mengatakan tentang kunci suksesnya. Saat Brian menghadiri annual meeting MDRT pertama kali di tahun 1989, Brian bertemu dengan insurance legend bernama Ben Feldman yang sudah 49 tahun menjadi anggota MDRT. Brian sangat mengidolakan Ben Feldman dan Brian meanyakan apa kunci sukses dari Ben Feldman. Ben Feldman memberikan nasehat “tambahkan satu angka nol”. Brian mencoba mempraktekkannya. Brian menambah satu angka nol di proposal yang dibuatnya. Dengan menerapkan ‘tambahkan satu angka nol” maka Brian melakukan lebih besar kepada calon nasabah. Manfaat asuransi yang diterima oleh ahli waris juga 10 kali lebih besar.

Menambahkan satu angka nol berarti mendorong Brian untuk berpikir lebih besar. Tentunya hal ini juga berarti meningkatkan target menjadi 10 kali lebih besar. Hal ini yang membawa Brian untuk terus menerus menjadi agen yang sukses dan mencapai MDRT selama 26 tahun berturut-turut.

Betapa luar biasanya profesi sebagai agen asuransi. Jika anda ingin menjadi agen asuransi yang sukses maka jadilah agen yang cerdas dan dapat diandalkan oleh nasabah.

 

Penulis:

Sunny Fariana LUTCF
7-year MDRT member

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Balasan