Faktor-faktor yang mempengaruhi agent untuk mencapai kualifikasi MDRT

agen mencapai kualifikasi MDRT

The Million Dollar Round Table (MDRT) menggambarkan dirinya sebagai sebuah asosiasi internasional independen asuransi jiwa dan jasa keuangan profesional, yang setiap anggotanya berusaha untuk menunjukkan pengetahuan profesional yang luar biasa, memegang teguh kode etik dan mengutamakan pelayanan nasabah.

Keanggotaan MDRT diakui secara internasional sebagai standar keunggulan dalam penjualan asuransi jiwa dan usaha jasa keuangan. Menarik untuk mengetahui sebenarnya faktor-faktor apa yang mempengaruhi seorang agent menjadi MDRT dan bagaimana mengidentifikasi Karakteristik Agent Untuk Menjadi MDRT.

Sebuah Penelitian di lakukan di Jakarta terhadap agent asuransi jiwa yang menghadiri pertemuan tahunan MDRT (MDRT Day) di Kota Kasablanka pada tanggal 27 Agustus 2015. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh agent asuransi jiwa yang mengikuti pertemuan tahunan MDRT di Jakarta dengan jumlah populasi sekitar 2.500 orang. Sample yang di ambil dari populasi sebanyak 240 orang yang di ambil secara acak (simple random sampling).

Hasil penelitian menunjukan bahwa para agen yang mencapai kualifikasi MDRT atau memiliki minat untuk meraih kualifikasi MDRT memiliki karakteristik data statistik berikut ini :

  1. Jumlah agen yang MDRT atau ingin meraih MDRT didominasi oleh wanita (65%)
  2. Jumlah agen yang MDRT atau ingin meraih MDRT kebanyakan adalah mereka yang menikah (67,5% ) artinya mereka memiliki dorongan untuk mendapatkan penghasilan lebih.
  3. Latar belakang pendidikan didominasi oleh sarjana S1 (57.1%)
  4. Golongan darah O (43,3%) menunjukkan bahwa orang yang memiliki golongan darah O adalah orang yang memiliki sifat memberi (pendonor) sebagaimana profesi agen asuransi adalah profesi yang memberikan servis kepada nasabah.
  5. Latar belakang pekerjaan sebelum menjadi agen didominasi oleh pegawai swasta (36.3%) dan kalangan wiraswasta (21.3%)
  6. Bagaimana cara direkrut didominasi oleh faktor kenalan/saudara 37,5% diikuti faktor lainnya yakni tidak sengaja, nasabah, keluarga, seminar dan iklan.
  7. Alasan bergabung didominasi oleh keinginan memiliki waktu fleksibel 41,3% dan peluang untuk mendapatan penghasilan unlimited 27.5%
  8. Lama menjadi agen didominasi oleh agen yang bergabung kurang dari 5 tahun 63,8% artinya kualifikasi MDRT lebih banyak diminati oleh para agen yang bergabung di industry asuransi jiwa selama kurang dari 5 tahun. Kelompok agen demikian masih memiliki gairah untuk melakukan tantangan baru untuk mencapai kualifikasi internasional.
  9. Alasan memilih jadi agen didominasi oleh keinginan mendapatkan penghargaan international 41.3% dan berpenghasilan tinggi 40%
  10. Peran pendorong yang paling utama adalah leader (47.9%) dan keluarga 27.1%

Dari data penelitian ini dianalisa dan ditemukan ada 4 faktor yang mempengaruhi seorang agen utk mencapai kualifikasi MDRT yakni faktor leader sebagai pendorong, faktor motivasi, faktor komunitas dan masa pengalaman sebagai agen dibawah 5 tahun.

KESIMPULAN.
Untuk Merekrut Candidate Dengan Faktor Keberhasilan Yang Maksimal :

  1. Wanita 65%.
  2. Golongan Darahnya O. 43%.
  3. Pernah Punya Pengalaman Kerja. Pegawai Swasta. 36,3%.
  4. Di Rekrut Dari Kenalan 37,5%.
  5. Pendidikan Minimal S1. 57,1%.
  6. Orang Yang Sudah Menikah 76,5%.

Alasan Bergabung.(Baru).

  1. Waktu Fleksible 41,3%.
  2. Penghasilan Unlimited 27,5%.
  3. Kesempatan Bisnis 10%.

Alasan Menjadi Agent. (Sudah Kontrak).

  1. Penghargaan International 41,3%.
  2. Penghasilan Tinggi 40%.

Faktor Leaders Menjadi Kunci.

  1. Leader. 47,9%.
  2. Keluarga 27,1%.
  3. Perusahan Bernaung 14,6%.
  4. Teman Sesama Agent 10,4%

Penelitian ini dilakukan oleh Sanderson The, A.Md, S.Th, MA, CFP®,QWP, MM.FP. Beliau adalah seorang Consultant, Speaker, Motivator, dan Program Financial Planner. Beberapa jabatan yang saat ini diemban beliau adalah Managing Director Ascort Asia, Consulting Group( www.ascortasia.com ), Executive Director LN Amanah ( FPSB ) sekaligus Vice Chairman FPAI ( www.fpai.or.id ).

Penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi the_sanders@hotmail.com
Diringkas ulang oleh Miliana,
CFP® – 7 year MDRT Member
sebagaimana dipresentasikan oleh Sanderson The
dalam pertemuan MCC Meeting bulan Mei 2016 di Jakarta.

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Balasan