Beradaptasi dengan perubahan

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa “The only CONSTANT thing in life is CHANGE“ (satu-satunya yang tetap didalam hidup ini adalah perubahan).

Siapa disini yang suka perubahan?

Banyak dari kita manusia lebih memilih stabilitas. Pekerjaan yang stabil, penghasilan yang stabil, hubungan yang stabil, bahkan dalam bertemanpun kita cenderung lebih senang bergaul dengan lingkungan yang kita sudah biasa/sudah kenal baik. Ada sesuatu tentang perubahan yang membuat kita menjadi sedikit khawatir ataupun tidak nyaman.

Dan boom terjadilah pandemi ini, yang seakan-akan memutar balikkan dunia kita. Mungkin kita sudah bosan mendengar tentang bagaimana untuk terus produktif, untuk terus positif dimana kenyataannya kadang kita hanya ingin tidur di rumah dan berharap saat bangun pandemi ini sudah berakhir.

Suka tidak suka, kenyataannya kita harus mulai melakukan perubahan, mulai dari hal kecil dan bertumbuh menjadi hal besar nanti nya, sebelum rasanya anda ingin menyerah dan alih profesi.

Berikut ini adalah beberapa hal simpel yang bisa anda lakukan sebagai tenaga pemasar asuransi, agar proses adaptasi dapat berjalan dengan lebih mulus:

  1. Miliki kebiasaan sehat. Dimulai dari tubuh anda. Anda perlu energi untuk menghadapi ini semua. Energi bisa dapat salah satunya dengan tidur teratur dan makan yang penuh dengan nutrisi.
  2. Menulis jurnal syukur setiap hari dan menuliskan apa yang teman-teman bisa syukuri pada hari ini. Jika kita masih bisa berada di rumah dan tidak sakit adalah suatu hal yang patut disyukuri, bukan?
  3. Perubahan itu tidak mudah. Oleh karena itu jangan enggan untuk meminta bantuan dari orang lain.
  4. Tuliskan apa yang menjadi kelebihan anda selama ini dan mulailah dari situ.
  5. Stop membanding-bandingkan diri anda dengan apa yang sudah dicapai orang lain. Focus dengan apa yang bisa teman-teman lakukan secara maksimal.

Percayalah bahwa pandemic ini hanyalah sementara, dan bahwa bisnis asuransi akan tetap ada untuk waktu yang sangat lama. Saat dimana anda masih berbulan madu dengan situasi sudah selesai.

Sekarang saatnya untuk bertindak!

Saya Ardita Muksin
7-year MDRT Member